MANAJEMEN MADRASAH UNGGULAN (Studi Kasus Implementasi Manajemen Pembelajaran Pada MIMA KH. Shiddiq Kabupaten Jember)

Authors

  • AHMAD NUR MAHFUDA Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Manajemen, Sekolah Unggulan, Lembaga-Lembaga Islam Swasta

Abstract

Dalam artikel ini bertujuan untuk mengkaji Manajemen Madrasah Unggulan (Studi Kasus Implementasi Manajemen Pembelajaran MIMA KH. Shiddiq di Jember). Pada penelitian ini, membicarakan tentang Implementasi Manajemen Pada Sekolah Unggulan dikabupaten Jember, yang meliputi sekolah yang sudah punya nama di mata masyarakat. untuk lebih rincinya fokus dapat dijabarkan dalam bentuk bagaimana Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling pada tiap Manajemen Sekolah Unggulan. Kajian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan penerapan Study Kasus, sumber data yang digunakan dengan perspektif fenomologis, dan pengumpulan data dengan menggunakan Metode Observasi, Metode Wawancara (Interview), Metode Documenter. Sedangkan analisis datanya dengan menggunakan Reduction, Data Display, Verication dan Conclusion. Manajemen Sekolah Unggulan, dalam Perencanaan (Planning) di MIMA KH. Shiddiq ada dua pertimbangan yang dijadian prinsip yaitu Amanah dan Hasil Evaluasi sebelumnya untuk dicapai. Pengorganisasi (Organizing) MIMA KH. Shiddiq kordinasi Kemenag dan lembaga Pendidikan Ma’arif, Yayasan Ponpes, Komite Sekolah, dan Struktur Internal Sekolah. Actuating (pengelolaan) MIMA KH. Shiddiq Struktur Internal Sekolah dan Yayasan Pondok Pesantren. Controlling (Pengawasan), MIMA KH. Shiddiq Pokja, LPMNU, Kepala Sekolah. Sekolah Unggulan mempunyai ciri khas dan sistem sendiri seperti: MIMA KH. Shiddiq Pelajaran BTA Metode Tartili dan Aswaja, dibawah Kemenag dan LPMNU.

Downloads

Published

2022-03-23

How to Cite

MAHFUDA, A. N. (2022). MANAJEMEN MADRASAH UNGGULAN (Studi Kasus Implementasi Manajemen Pembelajaran Pada MIMA KH. Shiddiq Kabupaten Jember). PESAT, 8(1), 19–32. Retrieved from http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pesat/article/view/70