EFEKTIVITAS PROGRAM REMEDIAL DAN PENGAYAAN DALAM PENILAIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • WARDATUT THOLIAH UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • MOH. SAHLAN UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Keywords:

Efektivitas, Remedial, Pengayaan, Penilaian, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas program remedial dan pengayaan dalam penilaian PAI. Penelitian ini menggunakan jenis literature review, yaitu dengan mencari dan membandingkan temuan-temuan penelitian terdahulu dengan fokus penelitian yang sama untuk sehingga penulis dapat menemukan kebaruan keilmuan. Berdasarkan kajian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa sebagai upaya dalam meningkatkan efektivitas progam remedial dalam penilaian PAI, maka guru hendaknya senantiasa memperhatikan laju kemampuan peserta didik dalam menguasai materi pelajaran. Setelah itu kemudian memilah program remedial yang cocok diberikan kepada peserta didik, sehingga definisi remedial benar-benar akan diimplementasikan yaitu menyembuhkan dan membantu peserta didik yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran PAI. Selain itu, guru dalam pengayaan materi ajar diantaranya dengan cara memberikan contoh, mempraktekan langsung materi ajar, menggunakan media, menggunakan media yang telah tersedia di sekolah yang berupa bahan cetak berupa buku, gambar, peta sedangkan bahan atau materi lain yang di sampaikan dicatat dipapan tulis. Hambatan yang dihadapi guru dalam pengayaan materi ajar selain pengetahuan guru sendiri tentang pengembangan bahan ajar, sarana prasarana pembelajaran berbasis laboratorium juga tidak tersedia.

Downloads

Published

2022-03-25

How to Cite

THOLIAH, W., & SAHLAN, M. (2022). EFEKTIVITAS PROGRAM REMEDIAL DAN PENGAYAAN DALAM PENILAIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM . PESAT, 8(1), 33–54. Retrieved from http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pesat/article/view/71