EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Authors

  • IKA NAFISATUS ZUHRO UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • MOH. SAHLAN UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Keywords:

Evaluasi, Pembelajaran PAI, Anak Berkebutuhan Khusus

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui penerapan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Dalam pelaksanaan evaluasi pendidikan agama Islam pada ABK memiliki keunikan atau perbedaan dengan evaluasi pada umumnya. Di sini seorang pendidik dihadapkan pada peserta didik yang tidak pada biasanya, dimana seorang pendidik dituntut untuk menjadi lebih kreatif lagi. Dan dalam evaluasi pembelajaran PAI ini mengembangkan tiga aspek yaitu afektif, kognitif, dan psikomotor. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisa data yang digunakan adalah analisis kualitatif model interaktif. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAI agak sedikit berbeda sebagaimana mestinya, karena tidak hanya ada guru PAI tetapi juga ada guru pendamping yaitu Guru Pendamping Khusus (GPK). Dalam pelaksanaan evaluasi melalui proses perencanaan pembelajaran yang mensinkronkan soal dan instrumet dari kompetensi dasar. Pada saat pelaksanaan evaluasi guru PAI menerapkan teknik yang berbeda-beda. Dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran PAI meliputi ramah kognitif, afektif, dan psikomotor.

Downloads

Published

2022-03-24

How to Cite

ZUHRO, I. N., & SAHLAN, M. (2022). EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. PESAT, 8(1), 71–84. Retrieved from http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pesat/article/view/75