PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENGEMBANGKAN INOVASI PEMBELAJARAN MELALUI KEGIATAN TEAM TEACHING DI MA MAMBA’UL KHOIRIYATIL ISLAMIYAH BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • SUPRAYITNO Kementerian Agama Kabupaten Jember

Keywords:

Supervisi Akademik, Inovasi Pembelajaran, Team Teaching

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Supervisi Akademik dalam Mengembangkan Inovasi Pembelajaran Melalui Kegiatan Team Teaching di MA Mamba’ul Khoiriyatil Islamiyah Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif, dengan model Action Research. Subyek dalam Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah guru-guru MA yang tergabung dalam kegiatan Team Teaching yang berjumlah 20 orang. Kegiatan ini bertempat di MA Mamba’ul Khoiriyatil Islamiyah Bangsalsari Kabupaten Jember, Jln. Balung No. 27 Kedungsuko Kabupaten Jember. Waktu dalam penelitian ini adalah 1 sampai 30 Maret 2022. Hasil penelitian ini yaitu terjadi peningkatan kesiapan peserta dalam kegiatan Team Teaching yang bertempat di MA Mamba’ul Khoiriyatil Islamiyah Bangsalsari Kabupaten Jember. Di samping itu juga, terjadi peningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan inovasi pembelajaran melalui pembinaan berupa Team Teaching dari siklus I ke siklus II dan mencapai target minimal yang telah ditetapkan yakni 85%, artinya 85% guru telah efektif dalam mengembangkan inovasi pembelajaran pada masing-masing aspek.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

SUPRAYITNO. (2022). PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENGEMBANGKAN INOVASI PEMBELAJARAN MELALUI KEGIATAN TEAM TEACHING DI MA MAMBA’UL KHOIRIYATIL ISLAMIYAH BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022. PESAT, 8(1), 85–100. Retrieved from http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pesat/article/view/77