PENERAPAN METODE FOCUSED GROUP DISCUSSION (FGD) UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MENGAJAR DI MTS NURUL ULUM TEGALWANGI UMBULSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • MUHAMMAD YASIN YUSUF GHOZALI Kementerian Agama Kabupaten Jember

Keywords:

Metode Focused Group Discussion (FGD), Kinerja Guru, Mengajar

Abstract

Tujuan penelitian ini dapat dirumuskan yaitu untuk mendeskripsikan penerapan Metode Focused Group Discussion (FGD) untuk Meningkatkan Kinerja guru dalam Mengajar di MTs Nurul Ulum Tegalwangi Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif, dengan model Action Research. Lokasi penelitian adalah tempat yang digunakan dalam melakukan penelitian untuk memperoleh data yang diinginkan. Penelitian ini bertempat di MTs Nurul Ulum Tegalwangi Umbulsari Kabupaten Jember, tepatnya di Jl. KH. Muh. Nur No. 01 Tegalwangi Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Waktu penelitian adalah waktu berlangsungnya penelitian atau saat penelitian ini dilangsungkan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 01-30 Mei 2022. Penelitian tindakan madrasah ini dilakukan oleh Pengawas Madrasah kepada para guru di MTs Nurul Ulum Tegalwangi Umbulsari Kabupaten Jember. Dari hasil penelitian tindakan madrasah yang telah dilakukan selama dua siklus dan berdasarkan pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Focused Group Discussion (FGD) dapat meningkatkan kinerja guru dalam mengajar di MTs Nurul Ulum Tegalwangi Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Pada siklus I diperoleh data jumlah total nilai 8,7, maka diperoleh rata-rata 1,74 (C). Sedangkan pada siklus II ada peningkatan total nilai 13,7 maka diperoleh rata-rata 2,74 (B) yaitu nilai yang sangat bagus/baik.

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

GHOZALI, M. Y. Y. (2022). PENERAPAN METODE FOCUSED GROUP DISCUSSION (FGD) UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MENGAJAR DI MTS NURUL ULUM TEGALWANGI UMBULSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022. PESAT, 8(1), 101–114. Retrieved from http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pesat/article/view/78