MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SD NEGERI KUNIR LOR 01 KECAMATAN KUNIR LUMAJANG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019 MELALUI PENDEKATAN METODE BELAJAR TUNTAS

Authors

  • RESTUWIN .

Keywords:

Kemampuan Menulis, Bahasa Indonesia, Metode Belajar Tuntas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kemampuan menulis Bahasa Indonesia setelah diterapkan metode Belajar Tuntas pada siswa kelas Kelas II SDN Kunir Lor 01 Kecamatan Kunir Lumajang. Tempat pelaksanaan penelitian adalah di SD Negeri  Kunir Lor 01 Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 selama 2 bulan antara bulan September sd Oktober. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas II SDN Kunir Lor 01 Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang sejumlah 27 siswa, yaitu 17 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Hasil penelitian ini sebagai berikut: Pada tes awal nilai tuntas 15 siswa, tidak tuntas 12 siswa. Pada siklus I dan siklus II, nilai tuntas siklus I ada 19 siswa, tidak tuntas ada 8 siswa. Pada siklus II nilai tuntas 24, siswa tidak tuntas 3 siswa. Secara umum dapat dikatakan bahwa siswa yang mendapat nilai 70 keatas pada refleksi awal baru mencapai 55,56%, dan siklus II telah memenuhi yang disyaratkan yaitu 88,89%. Dengan keadaan seperti ini dapat dikatakan tujuan pembelajaran pada Penelitian Tindakan Kelas ini tercapai. Bagi siswa yang nilainya belum mencapai nilai yang disyaratkan, diberi tes ulangan secara individu diluar kontek PTK ini.

Downloads

Published

2020-04-02

How to Cite

., R. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SD NEGERI KUNIR LOR 01 KECAMATAN KUNIR LUMAJANG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019 MELALUI PENDEKATAN METODE BELAJAR TUNTAS. PITALOCA, 6(3), 1–26. Retrieved from http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pitaloca/article/view/1

Issue

Section

Articles