PENERAPAN METODE BERBASIS KOMPETENSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II SDN DITOTRUNAN 01 LUMAJANG

Authors

  • KUSNAWIYAH .

Keywords:

Metode Berbasis Kompetensi, Motivasi dan Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan Motivasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan diterapkannya pembelajaran berbasis kompetensi pada siswa Kelas II semester Ganjil SDN Ditotrunan 01 Lumajang Tahun 2019/2020. Tempat pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di SDN Ditotrunan 01 Lumajang. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas II SDN Ditotrunan 01 Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang sejumlah 34 siswa, yaitu 18 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Hasil penelitin ini adalah pada tes awal nilai tuntas 20 siswa, tidak tuntas 14 siswa. Pada siklus I dan siklus II, nilai tuntas siklus I ada 24 siswa, tidak tuntas ada 10 siswa. Pada siklus II nilai tuntas 30, siswa tidak tuntas 4 siswa. Secara umum dapat dikatakan bahwa siswa yang mendapat nilai 70 keatas pada refleksi awal baru mencapai 58,82%, dan siklus II telah memenuhi yang disyaratkan yaitu 88,24%. Dengan keadaan seperti ini dapat dikatakan tujuan pembelajaran pada Penelitian Tindakan Kelas ini tercapai. Bagi siswa yang nilainya belum mencapai nilai yang disyaratkan, diberi tes ulangan secara individu diluar kontek PTK ini.

Downloads

Published

2022-10-22

How to Cite

., K. (2022). PENERAPAN METODE BERBASIS KOMPETENSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II SDN DITOTRUNAN 01 LUMAJANG. PITALOCA, 6(2), 57–70. Retrieved from http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pitaloca/article/view/10

Issue

Section

Articles