PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI PULO 01 KECAMATAN TEMPEH LUMAJANG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020 MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Authors

  • SUMBEREJO .

Keywords:

Keaktifan dan Prestasi Belajar, IPA, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe STAD

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan Prestasi belajar IPA materi Rangka dan Panca Indra Manusia pada siswa Kelas IV SD Negeri Pulo 01 Kecamatan Tempeh Lumajang setelah diterapkannya Model Pembelajarn Kooperatif Tipe STAD. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah di SD Negeri Pulo 01 Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN Pulo 01 Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang sejumlah 24 siswa, yaitu 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Dengan data diperoleh dapat disimpulan bahwa pada tes awal nilai tuntas 13 siswa, tidak tuntas 11 siswa. Pada siklus I dan siklus II, nilai tuntas siklus I ada 17 siswa, tidak tuntas ada 7 siswa. Pada siklus II nilai tuntas 22, siswa tidak tuntas 2 siswa. Secara umum dapat dikatakan bahwa siswa yang mendapat nilai 65 keatas pada refleksi awal baru mencapai 54,17%, dan siklus II telah memenuhi yang disyaratkan yaitu 91,67%.

Downloads

Published

2020-04-05

How to Cite

., S. (2020). PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI PULO 01 KECAMATAN TEMPEH LUMAJANG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020 MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD. PITALOCA, 6(3), 27–50. Retrieved from http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pitaloca/article/view/2

Issue

Section

Articles