PENERAPAN MODEL PENGAJARAN TERARAH MELALUI PAKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KEBONAGUNG 01 KECAMATAN SUKODONO LUMAJANG SEMESTER GANJIL TAHUN 2019/2020

Authors

  • CHOTIBUL UMAMI

Keywords:

Model Pengajaran Terarah, PAKEM, Hasil Belajar IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Hasil belajar IPS materi Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial Di Asia Tenggara setelah diterapkannya model Pengajaran Terarah melalui PAKEM  pada siswa Kelas VI SD Negeri Kebonagung 01 Kecamatan Sukodono Lumajang.pada semester Ganjil Tahun 2019/2020. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah di SDN Kebonagung 01 Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VI  SDN Kebonagung 01 Kecamatan Sukodono Lumajang sejumlah 21 siswa, yaitu 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan Model Pengajaran Terarah melalui PAKEM dapat meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial di Asia Tenggara pada Siswa Kelas VI Semester Ganjil Tahun 2019/2020 SD Negeri Kebonagung 01 Kecamatan Sukodono  Lumajang. Maka sebaiknya model ini tidak hanya diterapkan pada mata pelajaran IPS saja, namun dapat diterapkan pada semua mata pelajaran yang lain di semua jenjang kelas.

Downloads

Published

2020-04-06

How to Cite

UMAMI, C. (2020). PENERAPAN MODEL PENGAJARAN TERARAH MELALUI PAKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KEBONAGUNG 01 KECAMATAN SUKODONO LUMAJANG SEMESTER GANJIL TAHUN 2019/2020. PITALOCA, 6(3), 51–70. Retrieved from http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pitaloca/article/view/3

Issue

Section

Articles