MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUNTAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KUTORENON 03 KECAMATAN SUKODONO LUMAJANG SEMESTER GENAP TAHUN 2018/2019

Authors

  • YUYUN UMAR WATININGSIH

Keywords:

Motivasi, Hasil Belajar, PKn, Pembelajaran Tuntas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan Motivasi dan hasil belajar PKn pada materi Mengenal Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat pada siswa Kelas IV SD Negeri Kutorenon 03 Kecamatan Sukodono Lumajang semester Genap Tahun 2018/2019 melalui penerapan  model Pembelajaran Tuntas. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah di SDN Kutorenon 03 Kecamatan Sukodono, Lumajang. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kutorenon 03 Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang sejumlah 21 siswa, yaitu 13 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus dan sebelumnya dilakukan tes awal, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Skor aktifitas siswa dari siklus ke siklus berikutnya juga naik. Pada siklus I ; 70% Sedangkan pada siklus II mencapai 86,255%. Skor aktifitas guru dalam proses pembelajaran  dari siklus satu ke siklus  berikutnya juga mengalami kenaikan, pada siklus I ; 75% dan Selanjutnya pada silklus II mencapai 90%.

Downloads

Published

2020-04-10

How to Cite

WATININGSIH, Y. U. (2020). MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUNTAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KUTORENON 03 KECAMATAN SUKODONO LUMAJANG SEMESTER GENAP TAHUN 2018/2019. PITALOCA, 6(3), 71–96. Retrieved from http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pitaloca/article/view/4

Issue

Section

Articles