PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR PKn MATERI KEUTUHAN NKRI SISWA KELAS V SD NEGERI JOGOYUDAN 01 LUMAJANG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • HERAWATI .

Keywords:

Pembelajaran, Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving), Hasil Belajar PKn, Materi Keutuhan NKRI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengupayakan penerapan metode Pemecahan Masalah secara tepat dan efektif dalam penyelenggaraannya pembelajaran PKn, sehingga guru mengetahui persis kelebihan dan kekurangan dari suatu metode secara akurat. Tempat pelaksanaan penelitian ini di SDN Jagoyudan 01, Lumajang. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN Jogoyudan 01 Kabupaten Lumajang sejumlah 37 siswa, yaitu 19 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Pembelajaran dengan metode pemecahan masalah (problem solving) memiliki dampak positif dalam meningkatkan  Hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu tes awal (59,46%), siklus I (72,97%), siklus II (89,19%); (2) Penerapan metode pemecahan masalah (problem solving) mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan metode pemecahan masalah (problem solving) sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.

Downloads

Published

2020-04-13

How to Cite

., H. (2020). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR PKn MATERI KEUTUHAN NKRI SISWA KELAS V SD NEGERI JOGOYUDAN 01 LUMAJANG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. PITALOCA, 6(1), 97–120. Retrieved from http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pitaloca/article/view/5

Issue

Section

Articles