MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI FAKTOR DAN KELIPATAN BILANGAN MELALUI METODE PENDEKATAN BERBASIS AKTIVITAS PADA SISWA KELAS IV SDN KUIR LOR 01 KECAMATAN KUNIR LUMAJANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • RUSMARDIANA YP

Keywords:

Motivasi Belajar, Matematika, Faktor dan Kelipatan Bilangan, Pendekatan Berbasis Aktivitas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Metode Pendekatan berbasis aktivitas dapat meningkatkan Motivasi belajar matematika Materi Faktor dan Kelipatan Biangan pada siswa Kelas IV SDN Kunir Lor 01 Kecamatan Kunir  Kabupaten Lumajang Semester Genap tahun pelajaran 2018/2019. Tempat pelaksanaan penelitian ini di SDN Kunir Lor 01 Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN Kunir Lor 01 Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang sejumlah 28 siswa, yaitu 18 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Kesimpulan penelitian ini adalah dari tes awal nilai tuntas 17 siswa, tidak tuntas 11 siswa. Pada siklus I dan siklus II, nilai tuntas siklus I ada 20 siswa, tidak tuntas ada 8 siswa. Pada siklus II nilai tuntas 25, siswa tidak tuntas 3 siswa. Secara umum dapat dikatakan bahwa siswa yang mendapat nilai 70 keatas pada refleksi awal baru mencapai 60,71%, dan siklus II telah memenuhi yang disyaratkan yaitu 89,29%. Dengan keadaan seperti ini dapat dikatakan tujuan pembelajaran pada Penelitian Tindakan Kelas ini tercapai. Bagi siswa yang nilainya belum mencapai nilai yang disyaratkan, diberi secara individu diluar kontek PTK ini.

Downloads

Published

2020-04-18

How to Cite

YP, R. (2020). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI FAKTOR DAN KELIPATAN BILANGAN MELALUI METODE PENDEKATAN BERBASIS AKTIVITAS PADA SISWA KELAS IV SDN KUIR LOR 01 KECAMATAN KUNIR LUMAJANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019. PITALOCA, 6(3), 143–166. Retrieved from http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pitaloca/article/view/7

Issue

Section

Articles