IMPLEMENTASI METODE BELAJAR KELOMPOK PELAJARAN IPA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DAWUHAN LOR 01 KECAMATAN SUKODONO KABUPATEN LUMAJANG

Authors

  • ASNAWATI .

Keywords:

Metode Belajar Kelompok, Pelajaran IPA, Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memperoleh gambaran tentang sejauh mana metode belajar secara berkelompok dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi Penyesuaian Makluk Hidup dan Lingkungannya pada siswa Kelas V SD Negeri Dawuhan Lor 01 Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah di SD Negeri Dawuhan Lor 01 Kecamatan Sukodono Lumajang. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri Dawuhan Lor 01 Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang sejumlah 28 siswa. Terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Subjek penelitian dalam kegiatan uji coba perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah siswa Kelas V SDN Dawuhan Lor 01 Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan, karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah menurunnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan Metode Belajar Kelompok dapat meningkatkan Prestasi belajar IPA Materi Penyesuaian Makluk Hidup dan Lingkungannya pada siswa Kelas  V SD Negeri Dawuhan Lor 01 Kecamatan Sukodono. Setelah  siklus I prestasi  meningkat dengan skor rata-rata 71,96 dan ketuntasan Klasikal mencapai 71,43% dan siklus II ada peningkatan motivasi belajar siswa dengan skor rata-rata 79,29 Ketuntasan klasikal mencapai 89,29%.

Downloads

Published

2022-10-19

How to Cite

., A. (2022). IMPLEMENTASI METODE BELAJAR KELOMPOK PELAJARAN IPA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DAWUHAN LOR 01 KECAMATAN SUKODONO KABUPATEN LUMAJANG. PITALOCA, 6(2), 29–42. Retrieved from http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pitaloca/article/view/8

Issue

Section

Articles