PENERAPAN METODE MOZAIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI POKOK SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS IV SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019 SDN KEDUNGMORO 02 KECAMATAN KUNIR LUMAJANG

Authors

  • TITIN HIDAYATI

Keywords:

Metode Mozaik, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar IPA, Sifat dan Perubahan Wujud Benda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Metode Mozaik dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Berprestasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pokok Sifat dan Perubahan Wujud Benda Pada Siswa Kelas IV Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 SDN Kedungmoro 02 Kecamatan Kunir Lumajang. Tempat pelaksanaan penelitian ini di SDN Kedungmoro 02 Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN Kedungmoro 02 Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang sejumlah 24 siswa, yaitu 12 siswa laki-laki dan 12  siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Penggunaan metode mozaik dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa dalam belajar mata pelajaran IPA siswa Kelas IV SDN Kedungmoro 02 Kecamatan Kunir  Lumajang; (2) Penggunaan metode mozaik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar mata pelajaran IPA siswa kelas Kelas IV SDN Kedungmoro 02 Kecamatan Kunir  Lumajang.

Downloads

Published

2020-04-19

How to Cite

HIDAYATI, T. (2020). PENERAPAN METODE MOZAIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI POKOK SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS IV SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019 SDN KEDUNGMORO 02 KECAMATAN KUNIR LUMAJANG. PITALOCA, 6(3), 191–216. Retrieved from http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pitaloca/article/view/9

Issue

Section

Articles