http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pitaloca/issue/feed PITALOCA 2020-05-04T16:24:57+00:00 Imron Fauzi fauzi220587@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal ini berupaya untuk menerbitkan tulisan-tulisan berupa artikel dan hasil penelitian di bidang pendidikan, agama, politik, dan kepemudaan. Ke depan, kami berharap atas kerjasama berbagai pihak, dapat lebih meningkatkan mutu dan kualitas jurnal ini melalui kritik dan saran pembaca, sehingga jurnal ini lebih baik lagi pada edisi-edisi mendatang. </p> http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pitaloca/article/view/1 MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SD NEGERI KUNIR LOR 01 KECAMATAN KUNIR LUMAJANG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019 MELALUI PENDEKATAN METODE BELAJAR TUNTAS 2020-05-04T15:50:12+00:00 RESTUWIN . restuwin@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kemampuan menulis Bahasa Indonesia setelah diterapkan metode Belajar Tuntas pada siswa kelas Kelas II SDN Kunir Lor 01 Kecamatan Kunir Lumajang. Tempat pelaksanaan penelitian adalah di SD Negeri Kunir Lor 01 Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 selama 2 bulan antara bulan September sd Oktober. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas II SDN Kunir Lor 01 Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang sejumlah 27 siswa, yaitu 17 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Hasil penelitian ini sebagai berikut: Pada tes awal nilai tuntas 15 siswa, tidak tuntas 12 siswa. Pada siklus I dan siklus II, nilai tuntas siklus I ada 19 siswa, tidak tuntas ada 8 siswa. Pada siklus II nilai tuntas 24, siswa tidak tuntas 3 siswa. Secara umum dapat dikatakan bahwa siswa yang mendapat nilai 70 keatas pada refleksi awal baru mencapai 55,56%, dan siklus II telah memenuhi yang disyaratkan yaitu 88,89%. Dengan keadaan seperti ini dapat dikatakan tujuan pembelajaran pada Penelitian Tindakan Kelas ini tercapai. Bagi siswa yang nilainya belum mencapai nilai yang disyaratkan, diberi tes ulangan secara individu diluar kontek PTK ini.</p> 2020-04-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 PITALOCA http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pitaloca/article/view/2 PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI PULO 01 KECAMATAN TEMPEH LUMAJANG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020 MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD 2020-05-04T15:54:09+00:00 SUMBEREJO . sumberejo@gmail.com <p><em>Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan Prestasi belajar IPA materi Rangka dan Panca Indra Manusia pada siswa Kelas IV SD Negeri Pulo 01 Kecamatan Tempeh Lumajang setelah diterapkannya Model Pembelajarn Kooperatif Tipe STAD. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah di SD Negeri Pulo 01 Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN Pulo 01 Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang sejumlah 24 siswa, yaitu 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Dengan data diperoleh dapat disimpulan bahwa pada tes awal nilai tuntas 13 siswa, tidak tuntas 11 siswa. Pada siklus I dan siklus II, nilai tuntas siklus I ada 17 siswa, tidak tuntas ada 7 siswa. Pada siklus II nilai tuntas 22, siswa tidak tuntas 2 siswa. Secara umum dapat dikatakan bahwa siswa yang mendapat nilai 65 keatas pada refleksi awal baru mencapai 54,17%, dan siklus II telah memenuhi yang disyaratkan yaitu 91,67%.</em></p> 2020-04-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 PITALOCA http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pitaloca/article/view/3 PENERAPAN MODEL PENGAJARAN TERARAH MELALUI PAKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KEBONAGUNG 01 KECAMATAN SUKODONO LUMAJANG SEMESTER GANJIL TAHUN 2019/2020 2020-05-04T15:58:43+00:00 CHOTIBUL UMAMI umami@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Hasil belajar IPS materi Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial Di Asia Tenggara setelah diterapkannya model Pengajaran Terarah melalui PAKEM&nbsp; pada siswa Kelas VI SD Negeri Kebonagung 01 Kecamatan Sukodono Lumajang.pada semester Ganjil Tahun 2019/2020. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah di SDN Kebonagung 01 Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VI&nbsp; SDN Kebonagung 01 Kecamatan Sukodono Lumajang sejumlah 21 siswa, yaitu 12 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan Model Pengajaran Terarah melalui PAKEM dapat meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial di Asia Tenggara pada Siswa Kelas VI Semester Ganjil Tahun 2019/2020 SD Negeri Kebonagung 01 Kecamatan Sukodono&nbsp; Lumajang. Maka sebaiknya model ini tidak hanya diterapkan pada mata pelajaran IPS saja, namun dapat diterapkan pada semua mata pelajaran yang lain di semua jenjang kelas.</em></p> 2020-04-06T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 PITALOCA http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pitaloca/article/view/4 MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUNTAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KUTORENON 03 KECAMATAN SUKODONO LUMAJANG SEMESTER GENAP TAHUN 2018/2019 2020-05-04T16:02:54+00:00 YUYUN UMAR WATININGSIH watiningsih@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan Motivasi dan hasil belajar PKn pada materi Mengenal Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat pada siswa Kelas IV SD Negeri Kutorenon 03 Kecamatan Sukodono Lumajang semester Genap Tahun 2018/2019 melalui penerapan&nbsp; model Pembelajaran Tuntas. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah di SDN Kutorenon 03 Kecamatan Sukodono, Lumajang. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kutorenon 03 Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang sejumlah 21 siswa, yaitu 13 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus dan sebelumnya dilakukan tes awal, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Skor aktifitas siswa dari siklus ke siklus berikutnya juga naik. Pada siklus I ; 70% Sedangkan pada siklus II mencapai 86,255%. Skor aktifitas guru dalam proses pembelajaran&nbsp; dari siklus satu ke siklus&nbsp; berikutnya juga mengalami kenaikan, pada siklus I ; 75% dan Selanjutnya pada silklus II mencapai 90%.</em></p> 2020-04-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 PITALOCA http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pitaloca/article/view/5 PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR PKn MATERI KEUTUHAN NKRI SISWA KELAS V SD NEGERI JOGOYUDAN 01 LUMAJANG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019 2020-05-04T16:06:38+00:00 HERAWATI . herawati@gmail.com <p><em>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengupayakan penerapan metode Pemecahan Masalah secara tepat dan efektif dalam penyelenggaraannya pembelajaran PKn, sehingga guru mengetahui persis kelebihan dan kekurangan dari suatu metode secara akurat. Tempat pelaksanaan penelitian ini di SDN Jagoyudan 01, Lumajang. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN Jogoyudan 01 Kabupaten Lumajang sejumlah 37 siswa, yaitu 19 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Pembelajaran dengan metode pemecahan masalah (problem solving) memiliki dampak positif dalam meningkatkan&nbsp; Hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu tes awal (59,46%), siklus I (72,97%), siklus II (89,19%); (2) Penerapan metode pemecahan masalah (problem solving) mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan metode pemecahan masalah (problem solving) sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.</em></p> 2020-04-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 PITALOCA http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pitaloca/article/view/6 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI PANDANWANGI 01 KECAMATAN TEMPEH LUMAJANG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020 2020-05-04T16:09:25+00:00 AHMAD ROSYID FATHONI fathoni@gmail.com <p><em>Tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui sejauh mana&nbsp; peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Faktor Penyebab Perubahan Benda pada Siswa Kelas VI SD Negeri Pandanwangi 01 Kecamatan Tempeh Lumajang semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020&nbsp; dengan Implementasi model pembelajaran induktif. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD Negeri Pandanwangi 01 Kecamatan Tempeh&nbsp; Kabupaten Lumajang sejumlah 23 siswa. Terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Subjek penelitian dalam kegiatan uji coba perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah siswa Kelas VI SDN Pandanwangi 01 Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model induktif yang dipandu dengan perangkat pembelajaran dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar IPA di Sekolah Dasar. Hal ini dapat dilihat dari: Hasil penelitian dari tes awal sampai siklus II sebagai berikut ; rerata refleksi awal = 64,35, rerata siklus I = 71,52&nbsp; dan rerata Siklus II= 79,13. Dilihat dari kondisi awal, hasil rerata selalu naik meskipun sedikit hal semacam ini maklum karena materi siklus II relatif lebih sulit. Ketuntasan klasikal untuk tes awal 56,52%; siklus I = 69,57% dan siklus II = 86,96%. </em></p> 2020-04-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 PITALOCA http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pitaloca/article/view/7 MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI FAKTOR DAN KELIPATAN BILANGAN MELALUI METODE PENDEKATAN BERBASIS AKTIVITAS PADA SISWA KELAS IV SDN KUIR LOR 01 KECAMATAN KUNIR LUMAJANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019 2020-05-04T16:12:37+00:00 RUSMARDIANA YP rusmardiana@gmail.com <p><em>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Metode Pendekatan berbasis aktivitas dapat meningkatkan Motivasi belajar matematika Materi Faktor dan Kelipatan Biangan pada siswa Kelas IV SDN Kunir Lor 01 Kecamatan Kunir&nbsp; Kabupaten Lumajang Semester Genap tahun pelajaran 2018/2019. Tempat pelaksanaan penelitian ini di SDN Kunir Lor 01 Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN Kunir Lor 01 Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang sejumlah 28 siswa, yaitu 18 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Kesimpulan penelitian ini adalah dari tes awal nilai tuntas 17 siswa, tidak tuntas 11 siswa. Pada siklus I dan siklus II, nilai tuntas siklus I ada 20 siswa, tidak tuntas ada 8 siswa. Pada siklus II nilai tuntas 25, siswa tidak tuntas 3 siswa. Secara umum dapat dikatakan bahwa siswa yang mendapat nilai 70 keatas pada refleksi awal baru mencapai 60,71%, dan siklus II telah memenuhi yang disyaratkan yaitu 89,29%. Dengan keadaan seperti ini dapat dikatakan tujuan pembelajaran pada Penelitian Tindakan Kelas ini tercapai. Bagi siswa yang nilainya belum mencapai nilai yang disyaratkan, diberi secara individu diluar kontek PTK ini.</em></p> 2020-04-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 PITALOCA http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pitaloca/article/view/8 IMPLEMENTASI METODE BELAJAR KELOMPOK PELAJARAN IPA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DAWUHAN LOR 01 KECAMATAN SUKODONO KABUPATEN LUMAJANG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020 2020-05-04T16:15:38+00:00 ASNAWATI . asnawati@gmail.com <p><em>Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memperoleh gambaran tentang sejauh mana metode belajar secara berkelompok dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi Penyesuaian Makluk Hidup dan Lingkungannya pada siswa Kelas V SD Negeri Dawuhan Lor 01 Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah di SD Negeri Dawuhan Lor 01 Kecamatan Sukodono Lumajang. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri Dawuhan Lor 01 Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang sejumlah 28 siswa. Terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Subjek penelitian dalam kegiatan uji coba perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah siswa Kelas V SDN Dawuhan Lor 01 Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan, karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah menurunnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan Metode Belajar Kelompok dapat meningkatkan Prestasi belajar IPA Materi Penyesuaian Makluk Hidup dan Lingkungannya pada siswa Kelas&nbsp; V SD Negeri Dawuhan Lor 01 Kecamatan Sukodono. Setelah&nbsp; siklus I prestasi&nbsp; meningkat dengan skor rata-rata 71,96 dan ketuntasan Klasikal mencapai 71,43% dan siklus II ada peningkatan motivasi belajar siswa dengan skor rata-rata 79,29 Ketuntasan klasikal mencapai 89,29%. </em></p> 2020-04-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 PITALOCA http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pitaloca/article/view/9 PENERAPAN METODE MOZAIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI POKOK SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS IV SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019 SDN KEDUNGMORO 02 KECAMATAN KUNIR LUMAJANG 2020-05-04T16:18:45+00:00 TITIN HIDAYATI hidayati@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Metode Mozaik dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Berprestasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pokok Sifat dan Perubahan Wujud Benda Pada Siswa Kelas IV Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 SDN Kedungmoro 02 Kecamatan Kunir Lumajang. Tempat pelaksanaan penelitian ini di SDN Kedungmoro 02 Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN Kedungmoro 02 Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang sejumlah 24 siswa, yaitu 12 siswa laki-laki dan 12&nbsp; siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Penggunaan metode mozaik dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa dalam belajar mata pelajaran IPA siswa Kelas IV SDN Kedungmoro 02 Kecamatan Kunir&nbsp; Lumajang; (2) Penggunaan metode mozaik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar mata pelajaran IPA siswa kelas Kelas IV SDN Kedungmoro 02 Kecamatan Kunir&nbsp; Lumajang.</em></p> 2020-04-19T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 PITALOCA http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pitaloca/article/view/10 PENERAPAN METODE BERBASIS KOMPETENSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II SDN DITOTRUNAN 01 LUMAJANG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020 2020-05-04T16:21:36+00:00 KUSNAWIYAH . kusnawiyah@gmail.com <p><em>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan Motivasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan diterapkannya pembelajaran berbasis kompetensi pada siswa Kelas II semester Ganjil SDN Ditotrunan 01 Lumajang Tahun 2019/2020. Tempat pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di SDN Ditotrunan 01 Lumajang. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas II SDN Ditotrunan 01 Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang sejumlah 34 siswa, yaitu 18 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Hasil penelitin ini adalah pada tes awal nilai tuntas 20 siswa, tidak tuntas 14 siswa. Pada siklus I dan siklus II, nilai tuntas siklus I ada 24 siswa, tidak tuntas ada 10 siswa. Pada siklus II nilai tuntas 30, siswa tidak tuntas 4 siswa. Secara umum dapat dikatakan bahwa siswa yang mendapat nilai 70 keatas pada refleksi awal baru mencapai 58,82%, dan siklus II telah memenuhi yang disyaratkan yaitu 88,24%. Dengan keadaan seperti ini dapat dikatakan tujuan pembelajaran pada Penelitian Tindakan Kelas ini tercapai. Bagi siswa yang nilainya belum mencapai nilai yang disyaratkan, diberi tes ulangan secara individu diluar kontek PTK ini.</em></p> 2020-04-22T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 PITALOCA http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pitaloca/article/view/11 PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SEMESTER GANJIL SDN SUKOSARI 01 KECAMATAN KUNIR LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019 2020-05-04T16:24:57+00:00 BALOK SULIYANTO suliyanto@gmail.com <p><em>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan prestasi belajar IPA Materi Pertumbuhan Hijau pada siswa Kelas V SD Negeri Sukosari 01 Kecamatan Kunir Lumajang Semester Ganjil Tahun 2018/2019 setelah diterapkannya metode demonstrasi. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah di SD Negeri&nbsp; Sukosari 01 Kecamatan Kunir Lumajang. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN Sukosari 01 Kecamatan Kunir Lumajang sejumlah 19 siswa, yaitu 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Hasil penelitian ini yaitu pelaksanaan pembelajaran IPA pada Materi Tumbuhan Hijau dengan penerapan Metode Demontrasi yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu Tes awal&nbsp; 57,89%), siklus I (73,68%) dan siklus II&nbsp; (89,47%). Dan Rerata kelas Tes awal 65,53, Siklus I 72,89&nbsp; dan 79,47&nbsp; pada siklus II. Dengan keadaan seperti ini dapat dikatakan tujuan pembelajaran pada Penelitian Tindakan Kelas ini tercapai. </em></p> 2020-04-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 PITALOCA