http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pitaloca/issue/feed PITALOCA 2023-07-05T10:47:56+07:00 Imron Fauzi fauzi220587@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal PITALOCA ini berupaya untuk menerbitkan tulisan-tulisan berupa artikel dan hasil penelitian di bidang pendidikan, agama, politik, dan kepemudaan. Ke depan, kami berharap atas kerjasama berbagai pihak, dapat lebih meningkatkan mutu dan kualitas jurnal ini melalui kritik dan saran pembaca, sehingga jurnal ini lebih baik lagi pada edisi-edisi mendatang. </p> http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pitaloca/article/view/6 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI PANDANWANGI 01 KECAMATAN TEMPEH LUMAJANG 2020-05-04T16:09:25+07:00 AHMAD ROSYID FATHONI fathoni@gmail.com <p><em>Tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui sejauh mana&nbsp; peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Faktor Penyebab Perubahan Benda pada Siswa Kelas VI SD Negeri Pandanwangi 01 Kecamatan Tempeh Lumajang semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020&nbsp; dengan Implementasi model pembelajaran induktif. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD Negeri Pandanwangi 01 Kecamatan Tempeh&nbsp; Kabupaten Lumajang sejumlah 23 siswa. Terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Subjek penelitian dalam kegiatan uji coba perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah siswa Kelas VI SDN Pandanwangi 01 Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model induktif yang dipandu dengan perangkat pembelajaran dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar IPA di Sekolah Dasar. Hal ini dapat dilihat dari: Hasil penelitian dari tes awal sampai siklus II sebagai berikut ; rerata refleksi awal = 64,35, rerata siklus I = 71,52&nbsp; dan rerata Siklus II= 79,13. Dilihat dari kondisi awal, hasil rerata selalu naik meskipun sedikit hal semacam ini maklum karena materi siklus II relatif lebih sulit. Ketuntasan klasikal untuk tes awal 56,52%; siklus I = 69,57% dan siklus II = 86,96%. </em></p> 2022-10-17T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 PITALOCA http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pitaloca/article/view/7 MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI FAKTOR DAN KELIPATAN BILANGAN MELALUI METODE PENDEKATAN BERBASIS AKTIVITAS PADA SISWA KELAS IV SDN KUIR LOR 01 KECAMATAN KUNIR LUMAJANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019 2020-05-04T16:12:37+07:00 RUSMARDIANA YP rusmardiana@gmail.com <p><em>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Metode Pendekatan berbasis aktivitas dapat meningkatkan Motivasi belajar matematika Materi Faktor dan Kelipatan Biangan pada siswa Kelas IV SDN Kunir Lor 01 Kecamatan Kunir&nbsp; Kabupaten Lumajang Semester Genap tahun pelajaran 2018/2019. Tempat pelaksanaan penelitian ini di SDN Kunir Lor 01 Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN Kunir Lor 01 Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang sejumlah 28 siswa, yaitu 18 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Kesimpulan penelitian ini adalah dari tes awal nilai tuntas 17 siswa, tidak tuntas 11 siswa. Pada siklus I dan siklus II, nilai tuntas siklus I ada 20 siswa, tidak tuntas ada 8 siswa. Pada siklus II nilai tuntas 25, siswa tidak tuntas 3 siswa. Secara umum dapat dikatakan bahwa siswa yang mendapat nilai 70 keatas pada refleksi awal baru mencapai 60,71%, dan siklus II telah memenuhi yang disyaratkan yaitu 89,29%. Dengan keadaan seperti ini dapat dikatakan tujuan pembelajaran pada Penelitian Tindakan Kelas ini tercapai. Bagi siswa yang nilainya belum mencapai nilai yang disyaratkan, diberi secara individu diluar kontek PTK ini.</em></p> 2022-10-18T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 PITALOCA http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pitaloca/article/view/8 IMPLEMENTASI METODE BELAJAR KELOMPOK PELAJARAN IPA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DAWUHAN LOR 01 KECAMATAN SUKODONO KABUPATEN LUMAJANG 2020-05-04T16:15:38+07:00 ASNAWATI . asnawati@gmail.com <p><em>Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memperoleh gambaran tentang sejauh mana metode belajar secara berkelompok dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi Penyesuaian Makluk Hidup dan Lingkungannya pada siswa Kelas V SD Negeri Dawuhan Lor 01 Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah di SD Negeri Dawuhan Lor 01 Kecamatan Sukodono Lumajang. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri Dawuhan Lor 01 Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang sejumlah 28 siswa. Terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Subjek penelitian dalam kegiatan uji coba perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah siswa Kelas V SDN Dawuhan Lor 01 Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan, karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah menurunnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan Metode Belajar Kelompok dapat meningkatkan Prestasi belajar IPA Materi Penyesuaian Makluk Hidup dan Lingkungannya pada siswa Kelas&nbsp; V SD Negeri Dawuhan Lor 01 Kecamatan Sukodono. Setelah&nbsp; siklus I prestasi&nbsp; meningkat dengan skor rata-rata 71,96 dan ketuntasan Klasikal mencapai 71,43% dan siklus II ada peningkatan motivasi belajar siswa dengan skor rata-rata 79,29 Ketuntasan klasikal mencapai 89,29%. </em></p> 2022-10-19T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 PITALOCA http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pitaloca/article/view/9 PENERAPAN METODE MOZAIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI POKOK SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS IV SDN KEDUNGMORO 02 KECAMATAN KUNIR LUMAJANG 2020-05-04T16:18:45+07:00 TITIN HIDAYATI hidayati@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Metode Mozaik dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Berprestasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pokok Sifat dan Perubahan Wujud Benda Pada Siswa Kelas IV Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 SDN Kedungmoro 02 Kecamatan Kunir Lumajang. Tempat pelaksanaan penelitian ini di SDN Kedungmoro 02 Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN Kedungmoro 02 Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang sejumlah 24 siswa, yaitu 12 siswa laki-laki dan 12&nbsp; siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Penggunaan metode mozaik dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa dalam belajar mata pelajaran IPA siswa Kelas IV SDN Kedungmoro 02 Kecamatan Kunir&nbsp; Lumajang; (2) Penggunaan metode mozaik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar mata pelajaran IPA siswa kelas Kelas IV SDN Kedungmoro 02 Kecamatan Kunir&nbsp; Lumajang.</em></p> 2022-10-19T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 PITALOCA http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pitaloca/article/view/10 PENERAPAN METODE BERBASIS KOMPETENSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II SDN DITOTRUNAN 01 LUMAJANG 2020-05-04T16:21:36+07:00 KUSNAWIYAH . kusnawiyah@gmail.com <p><em>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan Motivasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan diterapkannya pembelajaran berbasis kompetensi pada siswa Kelas II semester Ganjil SDN Ditotrunan 01 Lumajang Tahun 2019/2020. Tempat pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di SDN Ditotrunan 01 Lumajang. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas II SDN Ditotrunan 01 Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang sejumlah 34 siswa, yaitu 18 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Hasil penelitin ini adalah pada tes awal nilai tuntas 20 siswa, tidak tuntas 14 siswa. Pada siklus I dan siklus II, nilai tuntas siklus I ada 24 siswa, tidak tuntas ada 10 siswa. Pada siklus II nilai tuntas 30, siswa tidak tuntas 4 siswa. Secara umum dapat dikatakan bahwa siswa yang mendapat nilai 70 keatas pada refleksi awal baru mencapai 58,82%, dan siklus II telah memenuhi yang disyaratkan yaitu 88,24%. Dengan keadaan seperti ini dapat dikatakan tujuan pembelajaran pada Penelitian Tindakan Kelas ini tercapai. Bagi siswa yang nilainya belum mencapai nilai yang disyaratkan, diberi tes ulangan secara individu diluar kontek PTK ini.</em></p> 2022-10-22T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 PITALOCA http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pitaloca/article/view/11 PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SEMESTER GANJIL SDN SUKOSARI 01 KECAMATAN KUNIR LUMAJANG 2020-05-04T16:24:57+07:00 BALOK SULIYANTO suliyanto@gmail.com <p><em>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan prestasi belajar IPA Materi Pertumbuhan Hijau pada siswa Kelas V SD Negeri Sukosari 01 Kecamatan Kunir Lumajang Semester Ganjil Tahun 2018/2019 setelah diterapkannya metode demonstrasi. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah di SD Negeri&nbsp; Sukosari 01 Kecamatan Kunir Lumajang. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN Sukosari 01 Kecamatan Kunir Lumajang sejumlah 19 siswa, yaitu 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Hasil penelitian ini yaitu pelaksanaan pembelajaran IPA pada Materi Tumbuhan Hijau dengan penerapan Metode Demontrasi yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu Tes awal&nbsp; 57,89%), siklus I (73,68%) dan siklus II&nbsp; (89,47%). Dan Rerata kelas Tes awal 65,53, Siklus I 72,89&nbsp; dan 79,47&nbsp; pada siklus II. Dengan keadaan seperti ini dapat dikatakan tujuan pembelajaran pada Penelitian Tindakan Kelas ini tercapai. </em></p> 2022-10-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 PITALOCA http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pitaloca/article/view/111 PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI MENGENAL KITAB-KITAB ALLAH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 ASRIKATON 2023-07-05T10:47:56+07:00 ERIA YUNISCHA eriayunischa@gmail.com <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negri 3 Asrikaton pada materi mengenal kitab-kitab Allah Swt. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan di SD Ngeri 3 Asrikaton Kecamatan Pakis Kabupaten Malang untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Mengenal nama Allah dan KitabNya, pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian kualitatif ini meliputi, pengamatan, tes, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar kelas V SD Negeri 3 Asrikaton pada materi mengenal kitab-kitab Allah. Hal ini ditunjukkan dari hasil belajar siswa dari siklus pertama, siklus kedua dan siklus ketiga yang mengalami peningkatan terbukti dengan nilai rata-rata kelas dan jumlah siswa yang tuntas belajar. Pada siklus siswa yang tuntas 20 siswa dengan prosentase 61%, pada siklus kedua jumlah siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa dengan prosentase 73%, sedangkan pada siklus ketiga jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 29 siswa dengan prosesntase 88%.</em></p> 2022-10-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023