PENILAIAN HARIAN KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • ILMA KHARISMATUNISA UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • MOH. SAHLAN UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Keywords:

Penilaian Harian, Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Perubahan pendidikan di Indonesia berupa salah satu bentuk dari dan juga merupakan kurikulum 2013 yang berfungsi sebagai penyempurna kurikulum sebelumnya. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian harian kurikulum 2013 pada Pendidikan Agama Islam (PAI). Melalui library research, evaluasi diketahui dengan menggunakan pengukuran informasi dan informasi hasil penilaian. Hasilnya diukur dengan memberikan skor (angka). Kemudian, skor tersebut dinilai dan ditafsirkan oleh aturan tertentu untuk menentukan tingkat kemampuan pribadi. Selain itu, hasil dari proses penilaian ini selanjutnya dievaluasi untuk menentukan tingkat pencapaian pribadi atau terprogram. Secara umum, ada dua teknik penilaian pendidikan, yaitu tes dan non-tes. Berdasarkan hasil penelitian kualitatif dengan memanfaatkan sumber berupa data atau dokumen, penelitian ini menggambarkan bagaimana persiapan instrumen berdasarkan kognitif, afektif, dan psikomotor evaluasi domain. Suatu set tes dan non-tes yang baik sebagai pengukur prestasi harus memiliki kriteria; validitas, kepraktisan, kehandalan, dan ekonomi. Selanjutnya, analisis tes yang sesuai pada evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terdiri dari tingkat kesukaran soal atau indeks kesulitan, daya pembeda, analisis pengecoh, analisis homogenitas item soal, dan efektivitas fungsi opsi.

Downloads

Published

2022-03-20

How to Cite

KHARISMATUNISA, I., & SAHLAN, M. . (2022). PENILAIAN HARIAN KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM . PESAT, 8(1), 55–70. Retrieved from http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pesat/article/view/73