PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIKIH MELALUI STRATEGI THE POWER OF TWO PADA SISWA KELAS VI DI MI MA’ARIF 42 HIDAYATUD DINIYAH WULUHAN KABUPATEN JEMBER

Authors

  • SHONY KHOLIQIN ROFIQ MI Ma'arif 42 Hidayatud Diniyah Wuluhan Kabupaten Jember

Keywords:

Hasil Belajar, Fikih, Strategi The Power Of Two

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Fikih melalui Strategi The Power of Two Pada Siswa Kelas VI di MI Ma’arif 42 Hidayatud Diniyah Wuluhan Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan, yaitu berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Penelitian ini bertempat di MI Ma’arif 42 Hidayatud Diniyah Wuluhan Kabupaten Jember. Tempat atau lokasi PTK ini adalah MI Ma’arif 42 Hidayatud Diniyah Wuluhan Kabupaten Jember. Sedangkan, subyek Penelitian ditujukan pada seluruh siswa Kelas VI MI Ma’arif 42 Hidayatud Diniyah Wuluhan Kabupaten Jember. Hasil penelitian ini adalah melalui penerapan metode The Power of Two, hasil belajar Fikih tentang Qonaah dan Tasamuh pada siswa di Kelas VI MI Ma’arif 42 Hidayatud Diniyah Wuluhan Kabupaten Jember mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini terlihat dari kondisi pra siklus siswa yang hasil belajarnya rendah sebanyak 52% siswa, hasil belajar sedang 32% siswa, dan yang hasil belajarnya tinggi hanya 17% siswa. Pada siklus I tampak ada peningkatan siswa yang hasil belajarnya rendah sebanyak 16% siswa, hasil belajarnya sedang 42% siswa, yang hasil belajarnya tinggi hanya 42% siswa. Pada siktus II, siswa yang hasil belajarnya rendah 3,1% siswa, hasil belajarnya sedang 6,5% siswa, dan hasil belajarnya tinggi 90,4% siswa.

Downloads

Published

2022-07-21

How to Cite

ROFIQ, S. K. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIKIH MELALUI STRATEGI THE POWER OF TWO PADA SISWA KELAS VI DI MI MA’ARIF 42 HIDAYATUD DINIYAH WULUHAN KABUPATEN JEMBER. PESAT, 8(3), 39–54. Retrieved from http://paradigma.web.id/ejournal/index.php/pesat/article/view/83